Diet Golongan Darah?? Apa sih?

cara diet sehat alami

Banyak orang tentu menginginkan tubuh yang sehat dan proporsional terutama bagi para wanita. Mereka menginginkan tubuh langsing dan indah dilihat. Tak heran banyak cara-cara untuk menurunkan berat badan dilakukan oleh banyak orang yang memiliki kelebihan berat badan. Berbagai macam diet dan cara-cara yang dilakukan untuk menurunkan berat badan sesuai keinginan. Mulai dari diet sehat alami bahkan yang paling ekstream sampai diet obat-obatan.

Beberapa dari para pelaku diet bisa berhasil menjalankan dietnya dan sukses meraih berat badan impiannya. Tetapi banyak juga yang mencoba menjalankan diet dan akhirnya menyerah untuk melakukannya. Beberapa metode diet dianggap menyiksa oleh para pelaku diet, beberapa lainnya dianggap mudah. Bagaimanapun, menjalankan diet dimana seseorang harus mengatur pola makan yang baik tentu membutuhkan perjuangan dan pengorbanan.

Salah satu jenis diet yang mulai dikenal adalah diet golongan darah.

cara diet sehat alami

Apa sih?

Bagaimana melakukannya?

Beberapa dari anda mungkin sudah pernah mendengarnya, ada juga yang baru mengetahuinya tetapi ada juga yang bahkan sedang mencobanya saat ini.

Diet golongan darah digagas oleh Peter D’Adamo, seorang dokter naturopati. Peter mengatakan  bahwa sistem pencernaan  juga dipengaruhi oleh karakteristik golongan darah. Teori yang mendasarinya yaitu bahwa  setiap golongan darah mencerna lektin dengan  cara yang berbeda. Lektin adalah sejenis protein. Ketika kandungan lektin pada makanan tidak sesuai dengan golongan darah, dapat memicu beberapa masalah misalnya perut kembung, peradangan, metabolisme yang melambat dan bahkan dapat memicu penyakit kanker.

Karena hal itulah, diet golongan darah mengatur asupan makanan dari setiap orang yang berbeda golongan darah sesuai golongan darahnya. Diet ini membagi makanan ke dalam tiga kategori yaitu makanan bermanfaat, makanan netral dan makanan yang harus dihindari.

cara diet sehat alami

Makanan netral merupakan makanan yang dianggap sebagai asupan untuk tubuh sehingga tidak terlalu mempengaruhi proses diet. Asupan untuk tubuh menjadi kebutuhan harian bagi tubuh.  Makanan yang bermanfaat adalah makanan yang dianggap mampu bekerja sebagai obat bagi tubuh. Sedangkan makanan yang harus dihindari akan dianggap sebagai racun sehingga tidak boleh dikonsumsi.

Berdasarkan aturan tersebut, maka setiap orang yang melakukan diet golongan darah harus mengkonsumsi makanan sesuai dengan golongan darahnya.