Diet Ibu Menyusui yang Aman (Part 1)

cara diet sehat alami

Bagi wanita hamil dan pasca melahirkan, momok yang sering ditemui adalah naiknya berat bedan secara drastis. Sebagai seorang wanita, tubuh ideal selalu menjadi impian jadi wajar bila banyak dari mereka yang tidak sabar untuk menurunkan berat badan setelah proses persalinan. Tetapi pada masa-masa tersebut, seorang wanita membutuhkan banyak energi untuk menyusui bayinya yang baru dilahirkan.

Pola makan sehat dan seimbang menjadi sangat penting saat menyusui karena jelas makanan yang ia makan juga akan berpengaruh pada kualitas ASI yang akan diminum oleh bayinya. Makanan ibu menyusui harus terdiri dari makanan kaya karbohidrat, sayur dan buah, serta mengandung protein dan produk susu.

Jika ibu menyusui ingin menjalankan diet, maka kebutuhan dasar makanan dan gizi harus tetap tercukupi mengingat makanan yang ia makan bukan hanya untuk dia sendiri tetapi juga untuk bayinya.

Beberapa jenis makanan yang dianjurkan bagi ibu menyusui yang ingin menjalankan diet, antara lain:

Beras merah. Beras ini bisa menyediakan kalori yang dibutuhkan tubuh, sekaligus mendukung produksi ASI yang baik dan berkualitas.

cara diet sehat alami

Buah-buahan. Diet ibu menyusui harus mengkonsumsi buah-buahan atau jus minimal dua kali sehari. Dianjurkan buah jeruk, sumber vitamin C yang dapat memasok energi atau jenis buah bluberi yang mengandung banyak vitamin dan mineral.

Ikan salmon. Sumber energi yang baik untuk ibu dan mengandung lemak DHA yang sangat penting untuk pertumbuhan sistem saraf bayi.

cara diet sehat alami

Sayuran hijau. Vitamin A, vitamin C, zat besi dan kalsium di dalamnya sangat baik untuk bayi dan ibu menyusui. Sayuran hijau juga kaya antioksidan dan rendah kalori yang sangat baik untuk jantung.

Kacang dan biji-bijian. Terutama yang berwarna gelap seperti kacang merah, sumber protein nabati, sekaligus kaya zat besi.

Produk susu rendah lemak. Misalnya, yoghurt, keju dan susu. Susu mengandung protein, kalsium, vitamin B dan vitamin D yang penting untuk pertumbuhan tulang bayi. Minum susu minimal 600cc per hari, untuk mencukupi kebutuhan kalsium Anda dan bayi Anda.

Telur. Salah satu sumber protein yang mudah ditemukan.

Daging tanpa lemak. Kandungan zat besi, protein dan vitamin B12 di dalamnya dapat memenuhi energi yang dibutuhkan ibu menyusui.

Roti gandum utuh atau sereal dari biji-bijian utuh. Kandungan asam folat merupakan nutrisi yang penting untuk kebutuhan produksi ASI. Produk ini juga tinggi kandungan serat dan zat besi.

Lanjut Part 2