Diet Ibu Menyusui yang Aman (Part 2-end)

cara diet sehat alami

Selain kebutuhan makanan yang harus dipenuhi, ibu menyusui juga harus memperhatikan kebutuhan kalori yang ia perlukan.

Ibu menyusui butuh lebih banyak kalori per hari, yaitu tambahan sekitar 400-500 kalori dibandingkan yang tidak sedang menyusui. Meski demikian, tiap wanita menyusui memiliki kebutuhan kalori yang berbeda sesuai dengan berat badan, metabolisme tubuh, frekuensi bayi menyusu, dan intensitas olahraga.

Selain hitungan kalori, rasa lapar juga bisa jadi petunjuk seberapa banyak asupan makanan yang dibutuhkan ibu menyusui. Hal yang juga penting untuk ibu menyusui adalah menjaga kebutuhan cairan tubuh terpenuhi.

cara diet sehat alami

Ibu menyusui boleh menurunkan kelebihan berat badannya yang diperoleh selama kehamilan. Tetapi harus diperhatikan pengaruhnya terhadap produksi ASI yang berpengaruh keamanannya untuk bayi. Penurunan sekitar 0,5-1 kg per minggu tergolong aman terhadap  produksi air susu ibu (ASI).

Pola makan sehat dan olahraga, dapat menurunkan berat badan ibu menyusui sekitar 0,5 kg per minggu. Setelah melahirkan sekitar 6-8 minggu, Anda dapat meningkatkan intensitas olahraga. Kedua cara itu lebih efektif dibanding diet rendah kalori saat masa menyusui.

Penurunan jumlah asupan kalori dan berat badan  secara tiba-tiba dikhawatirkan akan berdampak kepada produksi ASI. Sehingga harus dilakukan secara bertahap dan perlahan.

cara diet sehat alami

Diet bagi  ibu menyusui sebaiknya dimulai setelah bayi berusia dua bulan untuk menghindari kekurangan energi dan produksi ASI. Bisa juga konsultasi dengan dokter mengenai kemungkinan waktu memulai penurunan berat badan lebih cepat.

Hindari diet ibu menyusui yang memangkas banyak kalori atau membuat berat badan turun dengan drastis, karena dapat memengaruhi produksi ASI. Terapkan pola makan sehat dan rutin berolahraga dan tetaplah konsultasi dengan dokter.

Bagaimanapun, diet saat menyusui menjadi pilihan Anda. Tidak masalah jika Anda membiarkan berat badan Anda dan menunda diet, asalkan tubuh Anda selalu sehat dan bisa memberikan kebutuhan ASI yang cukup bagi bayi Anda.