Diet Rendah Kalori dan Metformin

cara diet sehat alami

Diet sebagai asupan gizi yang dapat diatur sesuai dengan keinginan dan kebutuhan bagi kesehatan dan kelangsungan hidup seseorang. Dalam keseharian, porsi diet sangat dipengaruhi oleh  kebiasaan dan perilaku. Kontrol diet dapat dilakukan dengan dorongan keinginan maupun paksaan melalui intervensi manipulasi .

Diet rendah kalori, yaitu diet dengan mengurangi jumlah asupan kalori dari kebutuhan seharusnya berdasar nilai ukuran baku gizi. Dalam hitungan kalori seseorang memerlukan sejumlah energi dalam sehari untuk keperluan hidup yang sesuai dengan kebutuhan basal, dan aktifitas seseorang. Dalam menyusun diet rendah kalori tetap perlu diperhatikan nilai gizi minimal yang diperlukan tubuh untuk mencapai tingkat kesehatan yang optimum, namun nilai kalori kurang dari kebutuhan tubuh harian. Diet ini membatasi makanan padat energi, seperti kue-kue yang banyak mengandung karbohidrat sederhana dan lemak serta goreng-gorengan (Almatsier, 2004). Dalam diet ini tetap menjaga keseimbangan karbohidrat, lemak, protein dan keperluan vitamin mineral.

cara diet sehat alami

Seseorang akan makan seberapa banyak sesuai  dengan keinginannya. Dorongan untuk makan dipengaruhi oleh berbagai faktor. Rasa lapar adalah bagian mekanisme pertahanan hidup, untuk tubuh mendapat asupan makanan yang diperlukan.  Rasa lapar secara kualitas bisa sangat besar, sedang, sampai tidak ada sama sekali. Apabila rasa lapar kurang atau hilang, maka keinginan makan menjadi berkurang, dan asupan makanan juga berkurang. Secara praktis, apabila tubuh kekurangan asupan gizi dan kalori, maka akan timbul mekanisme tubuh untuk memberitahukan kekurangan itu dengan sinyal-sinyal antara lain timbulnya rasa lapar, sehingga ada asupan untuk memenuhi kebutuhan tersebut. Metformin adalah obat yang digunakan bagi penderita DM (Diabetas Melitus). Salah satu efek samping metformin adalah menghilangkan/menurunkan nafsu makan. Penggunaan metformin pada orang non DM (Diabetes Melitus) tidak menyebabkan penurunan kadar gula darah yang normal.

Metformin termasuk kelompok obat-obatan anti obesitas yang bekerja pada sistema gastrointestinal. Metformin dapat digunakan untuk obesitas dengan tipe 2 diabetes, PCOS (Polycystic Ovary Syndrome), dan dengan gangguan toleransi glukosa. Dalam beberapa hal dapat digunakan untuk pengobatan obesitas saja (The Asia-Pacific perspective, 2000).Pengaruh yang berarti penggunaan metformin pada berat badan, atau kecenderungan penurunan berat badan, telah nampak pada populasi obesitas non diabetic yang tidak dipilih berdasar dysglycaemia. Namun, meta-analisis evaluasi terkontrol pada metformin menyimpulkan bahwa besaran pengaruh pada berat badan tidak mendukung penggunaannya hanya bagi kontrol berat badan (Levri, K.M., et al, 2005).Evaluasi metformin pada type 2 diabetes, dilaporkan memberi sedikit sampai sedang adanya penurunan berat badan, dimana secara meta-analisis berbeda tidak bermakna dengan placebo.

cara diet sehat alami

Sebaliknya secara nyata metformin bebas dari tanda penambahan berat badan berkaitan dengan pengobatan antidiabetes yang lain. Juga jelas dengan penambahan metformin pada obat-obat anti diabetes dapat  membantu penurunan berat badan.  Efek  weight-neutral/weight sparing  metformin merupakan aspek penting dari profil pengobatan metformin untuk type 2 diabetes pada segala tingkat penyakit (Metformin: The Gold Standard, 2007).Metformin memberi efek menguntungkan pada lemak beredar (circulating lipid) yang punya kaitan menurunkan fatty liver. Metformin mengaktifkan AMPK (AMP-activated protein kinase) dalam hepatocytes, sehingga aktivitas Acetyl Co A Carboxylase (ACC) menurun, oksidasi asam lemak (fatty acid) meningkat, dan ekspresi enzym lipogenic ditekan (Gaochao., et al., 2001).