Ingin Awet Muda dan Terhindar dari Diabetes? Coba Diet dengan Biji-Bijian

cara diet sehat alami

Melakukan diet yang menyehatkan memang tidaklah mudah untuk dilakukan. Karena membutuhkan ketelatenan yang ekstra. Diet dengan mengkonsumsi makanan yang mengandung biji-bijian salah satunya. Golongan biji-bijian seperti millet dan quinoa tidak hanya memiliki citarasa unik, namun muga memiliki manfaat yang banyak bagi kesehatan. Manfaat tersebut diantaranya yaitu mencegah penyakit jantung, membuat awet muda dan yang pasti dapat menurunkan resiko diabetes.

Menurut nutrisionis Kelly Toups dari Whole Grains Council, Biji-bijian jenis ini memiliki kandungan gizi dan nutrisi yang sangat besar dari pada produk biji-bijian olahan. Hal ini karena saat proses pengolahan, produk biji-bijian tersebut kehilangan kandungan protein lebih dari seperempat sampai dua pertiga.

cara diet sehat alami

Produk-produk biji-bijian seperti biji gandum utuh, quinoa, millet dan black barley lebih dianjurkan untuk dikonsumsi secara rutin karena kandungan gizinya yang seimbang, dari pada produk biji-bijian olahan yang banyak ditemui di pasaran.

Dari penelitian terhadap 24 studi dengan melibatkan sebanyak 2.275 peserta mengungkapkan bahwa mengkonsumsi makanan berupa biji-bijian berhubungan dengan tingkat kolesterol yang lebih rendah. Penelitian ini diungkapkan berdasar review dari American Journal of Clinical Nutrition.

Tidak sampai disitu saja, hasil dari analisis menunjukkan bahwa dengan mengkonsumsi gandum dapat membantu menurunkan kolesterol jahat yang ada dalam tubuh. Hasil ini lebih baik dari biji-bijian yang lain. Untuk proses pengolahannya, bahan makanan biji-bijian ini dapat diolah dengan cara dibuat sereal, sup gandum, yoghurt, oatmeal, dan bisa juaga dijadikan keju cottage.

diet-sehat

Penelitian dari Harvard Public School of Health juga mengungkapkan bahwa dengan mengkonsumsi biji-bijian yang kaya akan serat seperti halnya sereal gandum dapat menurunkan resiko kematian dini yang disebabkan oleh berbagai penyakit kronis.

Seperti yang dipaparkan oleh ketua peneliti dari Harvard Public School of Health yaitu Dr Lu Qi bahwa studi kami menunjukkan dengan memberikan asupan biji-bijian dan serat sereal pada tubuh kita dapat mengurangi resiko kematian akibat dari penyakit kronis seperti disebabkan oleh kanker, penyakit jantung, diabetes, dan penyakit pernapasan seperti yang dikutip dari Medical Daily.