Ingin Diet Anda Ada Hasilnya? Cobalah untuk Menghindari Daging

cara diet
cara diet sehat, cara diet sehat alami, cara melangsingkan badan, cara melangsingkan tubuh, cara menguruskan badan, diet alami, diet artis,

Banyak di kalangan cewek maupun cowok yang mengeluh sudah capek-capek mencoba berbagai jenis diet, namun bobot yang diharapkan tak kunjung turun. Menurut penelitian terkini, mungkin hal ini ada kaitannya dengan jumlah konsumsi daging yang Anda makan.

Lalu apa kaitannya? Setidaknya inilah yang diungkap dari penelitian yang sudah dilakukan di sebuah perusahaan penyedia produk penurun berat badan dari Inggris. Hasilnya, cara tercepat untuk diet atau menurunkan berat badan adalah dengan berhenti makan makanan yang mengandung daging dan sejenisnya.

Hasil dari pengamatan yang melibatkan 1.000-an responden menemukan bahwa dalam kurun waktu sebulan menjalani diet vegetarian, pemakan daging hanya kehilangan berat badan sekitar 0,91 kg saja, sedangkan vegetarian atau pemakan sayuran dapat menurunkan bobot lebih banyak sampai dua kali lipat, yaitu 1,81 kg.

Hasil perubahannya juga terlihat signifikan jika pelaku diet berhenti memakan makanan yang mengandung daging sejak memulai program diet, dengan asumsi penurunan bobot berkurang hingga 2,26 kg di periode bulan pertama.

 

cara diet alami
Cara Diet Sehat Alami

 

Mengapa bisa sedrastis itu? Peneliti mengungkapkan bahwa saat seseorang merubah pola makannya menjadi vegetarian, maka secara otomatis gaya hidupnyapun akan ikut berubah drastis menjadi lebih sehat.

Hal pertama yang menjadi pemicunya adalah vegetarian atau pemakan sayuran berpeluang lebih besar menjadi bagian dari anggota gym dari pada pemakan daging (28% melawan 14%). Yang kedua, saat berbelanja, 57% vegetarian lebih memilih produk-produk makanan dengan kadar lemak yang rendah dari pada pemakan daging yang cuman 29%. Dan yang terakhir, hanya 12% para vegetarian yang mengkonsumsi makanan cepat saji, dari pada pemakan daging yang jumlahnya mencapai sebanyak 39%.Sebanyak 87% responden telah mengakui, kebanyakan dari mereka lebih mudah turun berat badannya setelah berhenti mengkonsumsi daging.

Namun bukan berarti ketika menjadi seorang vegetarian, langsung serta-merta berhenti makan daging, karena dibutuhkan proses untuk melakukannya. Di dalam buku ‘Diet Enak Ala Vegetarian’ yang dikarang oleh Drs Susianto, dr Hendry Widjaja, MARS dan Helda Mailoa, SST Gizi, untuk memulainya diawali dengan mengurangi porsi makan makanan yang mengandung daging sedikit demi sedikit dalam hitungan pekan maupun bulan.

Kurangi Porsi Makan
Kurangi Porsi Makan

“Berikutnya, kurangi mengkonsumsi makanan berupa daging unggas dan ikan. Tentunya tahapan ini harus disertai dengan memperbanyak mengkonsumsi makanan berupa biji-bijian, kacang-kacangan, sayuran dan buah. Hal ini agar kebutuhan nutrisi dalam tubuh tetap tercukupi,” pungkas penulis.

Nutrisi yang berupa protein bisa diambil dari nabati, misalnya kacang-kacangan. Selanjutnya penuhi kebutuhan cairan sebanyak 6-8 gelas air putih sehari.

Namun perlu sekiranya untuk mengkonsultasikan terlebih dahulu kepada dokter maupun ahli gizi jika ingin memulai pola ini, agar hal yang tidak diinginkan tak terjadi.