Jika Anda Suka Mengkonsumsi Makanan Bersantan, Perhatikan Hal Ini

cara diet sehat alami

Jika Anda sedang dalam tahap melakukan sebuah cara untuk diet yang sehat dan alami, maka ada beberapa hal yang mesti Anda perhatikan. Salah satunya adalah dalam hal mengkonsumsi makanan yang mengandung santan. Kandungan santan di dalam suatu makanan bisa menjadi sumber lemak yang dapat menjadikan tubuh menjadi gemuk. Saat santan dijadikan bahan untuk mengolah makanan, masakan yang pedaspun akan langsung menjadi favorit beberapa orang karena citarasanya yang gurih. Namun tetap perlu untuk diperhatikan bahwa ada beberapa hal yang musti diperhatikan dalam mengkonsumsi makanan bersantan.

cara diet sehat alami

Sejalan dengan yang dituturkan oleh Prof Ir Ahmad Sulaeman PhD yang berasal dari Fakultas Ekologi Manusia Institut Pertanian Bogor (IPB), saat mengkonsumsi makanan pedas yang mengandung santan, harus memperhatikan jumlah konsumsi sayur dan buah.

Prof Ahmad mengatakan di sela-sela acara ‘Jelajah Gizi Bersama Sari Husada’ di Minahasa, Sulawesi Utara bahwa mengkonsumsi makanan berupa buah dan sayur harus ditingkatkan. Sebagai contoh ketika makan ikan dabu-dabu yang mengandung santan harus dikombinasi dengan sayuran berupa daun pepaya serta┬ápakis yang ditumis, kedua sayur tersebut memiliki kandungan serat yang tinggi.

Selain memiliki kandungan serat yang tinggi, daun pepaya dan pakis juga memiliki senyawa yang disebut fitokimia yang berfungsi untuk menjadi antioksidan dalam tubuh yang membantu dalam menyerap kolesterol. Bukan hanya itu saja, menurut Prof Ahmad daun pepaya juga berguna untuk menurunkan tekanan darah karena memiliki kandungan alkaloid. Serta daun pepaya juga memiliki kandungan kalium yang tinggi.

cara diet sehat alami

Untuk sayur dan buah yang harus dikonsumsi untuk menyeimbangkan makanan yang bersantan, menurut Prof Ahmad jenisnya tidaklah khusus, sayur maupun buah yang tersedia di tempat bisa dikonsumsi sebagai penyeimbang.

Harus selalu diingat bahwa aturan mengkonsumsi sayuran maupun buah-buahan minimal 5 porsi sehari, kalau merasa mengkonsumsi makanan yang bersantan lebih banyak, maka boleh untuk menambah porsinya, seperti yang di katakan oleh Prof Ahmad.

Selain hal-hal tersebut, bisa juga menggunakan cara yaiutu aturan makan ‘piring makanku’. Rinciannya ketika makan di dalam satu piring, jumlah takaran karbohidrat sebesar seperempat porsi, protein sebesar seperempat porsi, dan yang terakhir sayuran serta buah-buhan setengah porsi.