Makin Banyak Jenis Bakteri di Dalam Perut, Lemakpun Bisa Susut

cara diet sehat alami

Selain baik untuk pencernaan, produk probiotik juga memiliki segudang manfaat terhadap perut yang langsing. Studi sebelumnya mengemukakan bahwa orang yang secara rutin mengkonsumsi produk olahan susu sapi seperti yoghurt misalnya disaat melakukan diet, dapat mempercepat proses penurunan berat badan dan mengecilkan lingkar perut.

Berkaitan dengan hal itu, peneliti dari King’s College London menemukan tambahan bukti baru mengenai pernyataan tersebut. Dipimpin oleh Dr Michelle Beaumont, setelah melakukan analisa terhadap 3.600 sampel kotoran membuktikan bahwa orang yang memiliki banyak ragam bakteri di dalam perutnya memang lebih berkemungkinan untuk memiliki perut yang langsing.

Seperti yang sudah kita ketahui sebelumnya, probiotik di dalam perut bekerja dengan cara mempromosikan bakteri-bakteri yang baik. Secara rutin mengkonsumsi minuman yang mengandung probiotik maka dapat dipastikan bakteri yang ada akan semakin beragam.

Di dalam jurnal yang dipublikasikan oleh Genome Biology, beliau Dr Michelle mengungkapkan bahwa mengapa perut seseorang bisa lebih langsing dikarena adanya keseimbangan. Ketika di dalam perut hanya ada sedikit jenis bakteri dan tidak ada persaingan di dalamnya, maka yang terjadi bakteri yang dapat mengubah karbohidrat menjadi lemak lebih mendominasi. Dengan mengkonsumsi minuman yang mengandung banyak probiotik, maka dapat memberikan bakteri yang semakinĀ  beragam.

cara diet sehat alami

Dr Michelle memang mengatakan bahwa pendapat ini hanya merupakan studi observasi, jadi belum bisa benar-benar dipastikan bahwa ragam komunitas bakteri yang ada di dalam perut dapat memengaruhi penyimpanan lemak di perut, atau apakah ada faktor penyebab lain yang mungkin berperan lebih penting dalam peningkatan berat badan ujar beliau.

Namun yang pasti studi yang dilakukan oleh Dr Michelle ini membuktikan secara kuat bahwa bakteri di dalam perut bisa berperan penting di dalam masalah obesitas atau kelebihan berat badan dan dapat menggagalkan program diet yang sudah dirancang.

cara diet sehat alami

Adanya penimbunan lemak di dalam perut atau istilah lainnya visceral fat dianggap lebih berbahaya karena dapat memicu peradangan sistemik pada seluruh tubuh. Posisinya dekat dengan organ penting di dalam tubuh seperti hati, pankreas, dan usus.