Mau Langsing dan Cegah Penyakit, Coba Lakukan Diet Tinggi Serat

cara diet sehat alami

Kebanyakan orang ingin mengetahui cara melangsingkan tubuh yang sehat dan alami. Namun tak sedikit orang tidak tau tips dan triknya sehingga saat melakukan diet banyak yang asal-asalan sehingga yang didapat tidak maksimal. Seperti yang diungkapkan oleh pakar, melakukan diet tinggi serat selain bisa membantu Anda menurunkan berat badan dan menjaga untuk tetap terkontrol, diet tinggi serat juga mempunyai segudang manfaat yang lain. Manfaat ini mengarah kepada kesehatan tubuh yaitu dapat menyehatkan usus dan mencegah terkena penyakit.

cara diet sehat alami

Seperti yang dipaparkan oleh Eric Martens, seorang peneliti dari University of Michigan bahwa mengkonsumsi makanan tinggi serat tak hanya bagus dalam proses program diet dan kesehatan jantung, namun juga dapat melindungi tubuh dari bahaya infeksi yang bisa menyerah tubuh.

Jenis makanan yang memiliki serat tinggi seperti brokoli maupun roti gandum, dijelaskan oleh Eric mempunyai efek yang bagus untuk sistem pertahanan usus dan dapat mencegah masuknya berbagai macam jenis bakteri seperti bakteri E.coli. Bahkan sistem ini bisa dibilang sangat bergantung pada jumlah asupan serat yang dikonsumsi.

cara diet sehat alami

Saat kadar asupan serat Anda rendah, maka mikroba yang ada di usus akan memakan lapisan pelindung tersebut. Oleh karenanya banyak para peneliti menyarankan untuk memenuhi kebutuhan akan serat sehari-hari agar dapat mencegah infeksi yang bisa menyerang sistem pencernaan Anda. Jika sistem pencernaan sampai terjadi infeksi, maka gangguan-gangguan di dalam sistem pencernaan akan mulai muncul dan pastinya akan menimbulkan ketidaknyamaan pada diri Anda.

Pada suatu penelitian dengan melakukan sebuah uji coba terhadap beberapa tikus, ditemukan bahwa tikus yang diberikan asupan mengandung serat tidak mudah terinfeksi bakteri E.coli, namun tikus yang sama sekali tidak diberikan asupan serat sangat rentan untuk terinfeksi.

Seperti yang dikutip dari Science Daily, Martens mengatakan bahwa studi tentang percobaan kepada tikus ini baru saja dilakukan, dan masih diperlukan studi yang lebih mendalam lagi. Namun informasi dari hasil studi ini sangatlah penting mengingat konsumsi serat sangat diperlukan bagi tubuh. Semua makananan yang Anda konsumsi sangat mempengaruhi kerja sistem pencernaan.