Menu Diet Ibu Menyusui (Part 3-end)

cara diet sehat alami

Anda juga perlu membatasi lemak jenuh dan menghindari lemak trans yang tidak sehat. Lemak jenuh ada pada daging tinggi lemak, susu, minyak tropis (seperti kernel sawit dan kelapa), mentega, dan lemak babi. Selain buruk bagi diet Anda, terlalu banyak lemak yang tidak sehat juga dapat mengubah komposisi lemak ASI Anda, yang tidak baik untuk kesehatan bayi.

cara diet sehat alami

Hindari makanan-maknanan yang sekiranya mengandung pestisida, insektisida, dan bahan kimia lain yang dapat terkonsumsi oleh ibu menyusui yang mempengaruhi kesehatan jangka panjang bayi Anda. Masaklah dengan baik bahan makanan tersebut agar menghilangkan pestisida tetapi juga harus tetap terjaga gizinya. Buah dan sayur yang terlihat mengandung banyak pestisida maka hindari untuk makan mentah.

Untuk memilih  daging tanpa lemak, buang kulit dan juga lemak ekstra sebelum dimasak. Bahan kimia yang disuntikkan pada hewan disimpan dalam lemak jadi hindari lemaknya. Pastikan proses memasaknya benar sehingga tidak mengurangi vitamin dan mineral yang dihasilkan. Selain itu, penting untuk mendapatkan protein dari beragam sumber termasuk ikan.

Beberapa ikan yang mengandung DHA dan EPA, omega-3 memiliki peran penting dalam perkembangan otak dan mata bayi. Konsumsi sampai 12 ons ikan per minggu, termasuk salmon, udang, tuna kalengan, nila, lele dan kepiting. Badan Perlindungan Lingkungan dan Departemen Pertanian AS menyarankan untuk tidak makan ikan hiu, ikan todak, king mackerel, dan tilefish karena mengandung kadar merkuri yang tinggi.

cara diet sehat alami

Meskipun Anda sedang diet, ketika menyusui Anda harus tetap mengkonsumsi secara seimbang kebutuhan karbohidrat, protein, bahkan lemak dalam tubuh. Hal ini harus Anda lakukan demi kesehatan dan tumbuh kembang bayi Anda. Tentu saja diet yang Anda lakukan tidak bisa secepat jika Anda tidak sedang menyusui. Memang seharusnya demikian, lakukanlah secara bertahap dan perlahan agar tidak mempengaruhi kualitas dan kuantitas ASI Anda.

Semoga berhasil!