The Rainbow Diet, Tren Diet Baru dengan Makan Berwarna-Warni

cara diet sehat alami

Agar dapat menurunkan berat badan dan melangsingkan tubuh secara alami, selain rajin berolahraga pola makan juga harus diperhatikan. Asupan yang seimbang akan memberikan Anda peluang untuk bisa segera mendapatkan berat badan yang ideal dan tetap sehat.

Salah satu diet sehat alami yang direkommendasikan adalah The Rainbow Diet atau diet pelangi. Sesuai dengan namanya, cara diet ini yaitu dengan mengkonsumsi buah-buahan dan sayur-sayuran dengan berbagai macam warna.

Jika biasanya sayuran identik dengan warna hijau misalnya, di dalam The Rainbow Diet ini ada sayuran dengan warna-warna lain yang bisa dipadukan.

“The Rainbow Diet ialah sebuah tips diet yang menganjurkan untuk mengkonsumsi jenis pangan yang bervariasi, yaitu melalui cara mengkonsumsi makanan beraneka macam dan berwarna-warni alami, seperti hijau, biru, kuning, ungu, merah, jingga dan lain-lain” seperti yang diutarakan oleh pakar gizi Jansen Ongko, MSc, RD.

cara diet sehat alami

Menurut beliau, kombinasi dari warna-warna sayuran ini sangatlah penting karena dari bergam warna tersebut memiliki kandungan yang berbeda-beda. Semakin beragam jenis makanan yang dikonsumsi, semakin komplit nutrisi yang didapat oleh tubuh.

Sayuran dan buah yang berwarna merah diketahui mengandung zat likopen. Likopen merupakan suatu zat antioksidan kuat yang bisa membantu menurunkan resiko terkena kanker dan menjaga kesehatan jantung. Anda bisa mendapatkan zat inidengan mengkonsumsi stroberi, tomat, ceri, apel dan semangka.

Untuk warna ungu maupun biru, zat antioksidan yang terkandung di dalamnya ialah antosianin. Antosianin merupakan suatu zat antioksidan yang dapat melindungi sel dari kerusakan sehingga bisa membantu menurunkan resiko, stroke, kanker dan penyakit jantung. Untuk memperolehnya, Anda bisa mengkonsumsi terung, blueberry, anggur dan plum.

Identik dengan buah jeruk, sayuran maupun buah-buahan yang berwarna jingga atau kuning diketahui mengandung  zat karotenoid. Bisa disebut dengan beta karoten, yang selanjutnya akan diubah menjadi vitamin A yang berguna membantu menjaga kesehatan mata dan kesehatan membran mukosa lambung.

Tak cuma itu saja, tipe karotenoid lainnya ialah lutein yang bisa mencegah penyakit katarak pada mata, yaitu suatu penyakit pada mata yang berkaitan dengan degenerasi makula penyebab kebutaan. Tidak hanya pada jeruk, zat karotenoid juga dapat ditemui pada buah dan sayur jingga lain seperti wortel, ubi jalar dan labu.

cara diet sehat alami

“Di dalam sayuran yang berwarna hijau terkandung berbagai phytochemical yang diantaranya yaitu karotenoid, indoles, dan saponin. Zat ini juga mempunyai sifat antikanker. Semisal bayam dan brokoli, itu juga merupakan sumber folat,” ucap Jansen.

Untuk sayuran yang berwarna putih maupun cokelat, kandungan phytochemical seperti halnya allicin diketahui berguna sebagai antivirus dan antibakteri. Asupan dalam kategori ini seperti pisang, kentang, jamur, dan kurma merupakan sumber potassium yang baik.

“Jadi bukan hanya satu warna saja ya, setiap warna di dalam sayuran dan buah memiliki kandungan nutrisi yang berbeda-beda, sehingga semakin Anda mengkonsumsi makanan yang beragam, semakin komplit nutrisi yang bisa Anda peroleh. Praktekan diet pelangi dengan mengkonsumsi bermacam warna buah dan sayur setiap dua kali sehari, dengan catatan setiap porsi ada 4-5 macam warna dan dapatkan tubuh Anda sehat dan langsing secara alami” pesan Jansen.